Sunday, January 15, 2017

Jembatan Kademangan Blitar Tempat Bersemayamnya Hantu Siluman Banaspati

Jembatan Kademangan Blitar Tempat Bersemayamnya Hantu Siluman Banaspati




Sebagian Warga Blitar  pasti pernah melewati Jembatan Kademangan yang melintas di atas Sungai Brantas, dipercaya oleh kalangan masyarakat sekitarnya sebagai lokasi paling wingit di kawasan Blitar, Jawa Timur.

Jembatan yang menjadi jalur utama jurusan Blitar-Tulungagung lewat jalur selatan ini, jika malam hari acap dihindari oleh para pengendara. Hal tersebut terutama akan sangat terasa di malam hari Selasa dan Jum’at Kliwon. Umumnya para pengendara memilih lewat jalur utara (Ngantru), kecuali bus-bus antar kota yang sudah terbiasa lewat di sana.

Konon, makhluk gaib yang biasanya muncul di tengah jembatan sepanjang sekitar 200 meter itu adalah apa yang disebut sebagai siluman Banaspati. Penampakan makhluk lelembut ini berwujud kobaran bola-bola api yang datang mendadak, dan sekonyong-konyong menukik dari angkasa malam. Setelah itu sang Banaspati menghadang tepat di tengah jembatan.

Menurut saksi mata yang ditemui,setelah mendarat, aksi selanjutnya makhluk-makhluk itu biasanya cuma berputar-putar mirip gangsing, tapi bila nekad diterjang akan membakar tubuh korbannya. Luka bakar tak terhindarkan lagi, sebagaimana yang dialami oleh Suwito, 41 tahun, warga Desa Gawang, Kec. Bakung.

“Waktu itu saya ingin pergi ke Kota Blitar untuk menjenguk famili yang dirawat di RUSD Mardi Waluyo. Saya berangkat sendirian mengendari sepeda motor. Tiba-tiba, ketika masuk jembatan Kademangan, saya kaget setengah mati, Betapa tidak, karena dari atas jatuh bola api sebesar tampah (alat penampi beras) dan berputar-putar.

http://www.alamisteri.com/2016/09/misteri-tumbal-pengantin-baru-jembatan.html

Dalam ketidaktahuan dan ketakutan, saya langsung tancap gas. Nggak tahunya kaki kanan saya dilabrak benda berapi itu!” Kisahnya yang diceritakan pada lainalam.blgspot.com sembari memperlihatkan bekas luka bakar di kaki kanannya.

Setelah dibawa ke puskesmas beberapa kali belum juga sembuh, akhirnya dibawa ke seorang paranormal. Suwito baru mengerti kalau luka itu akibat semburan makhluk Banaspati. Tentu saja dia kaget, karena tidak menduga kalau hal yang semula dianggapnya takhyul itu terjadi menimpa dirinya.

Lain Suwito, lain pula yang dialami Parlan, 35 tahun. Pria yang berprofesi sebagai penjual bakso keliling ini punya pengalaman yang tak kalah menegangkan.
Ceritanya, suatu ketika selepas dini hari dia ingin pulang ke rumahnya setelah berjualan bakso keliling.

Sama seperti yang dialami Suwito, ketika sampai di tengah jembatan Kademangan, tiba-tiba muncul bola apa dari angkasa. Benda ini langsung menghadangnya. Karena takut, Parlan langsung lari menabrak bola api yang sepontan memutari tubuhnya itu. Karena itulah Parlan mendeira luka bakar di dadanya. Hal ini membuatnya tidak bisa bekerja selama sekitar dua bulan.

Menurut mbah Martono, orang pintar di Desa Gawang, setan api bernama Banaspati itu sudah lama bermukim di sekitar jembatan Kademangan. Bahkan, sebelum jembatan itu dibangun.
“Dulu semasih ada perahu tambangan, Banaspati juga sering mencul. Tapi bola api gaib itu takut jika korbannya masuk air. Untuk itu belum ada yang jadi korban,” terangnya.

Diceritakan Mbah Martono, kalau dicermati, Banaspati itu juga punya tubuh dan anggota badan. Cuma kepalanya yang lebih besar dan membara. Ketika terbang, kepalanya ada di bawah, mengincar orang-orang yang lewat di tengah malam.
Di sisi lain, kata Mbah Martono, Banaspati itu merupakan salah satu setan yang paling jahil. Setiap kali ada orang melakukan semedi di tempat-tempat keramat, yang pertama muncul dan mengganggu juga hantu dari ras ini.

Selain jembatan Kademangan, pusat permukiman hantu Banaspati adalah di pelataran Candi Penataran. Kabarnya, jika malam hari kemunculan hantu ini bisa dilihat dengan mata telanjang, berupa luncuran-luncuran api itu yang muncul dari atas candi.

“Untuk yang di pelataran Candi Penataran jauh lebih banyak jumlahnya ketimbang yang ada di jembatan Kademangan. Karena situs sejarah itu menjadi titik pusat kegaiban di Blitar. Wajar kalau para petualang kadang tidak betah dengan gangguan setan api itu,” ungkap Pak Didik, petugas purbakala yang dinas jaga di candi terbesar di Jawa Timur itu.

Sebenarnya, kalau kita tahu, mengusir Banaspati tidak terlalu sulit. Orang yang ahli “menyepi” selalu membawa uborampe khusus guna mengatasi kejahilan Banaspati. Macam uborampe itu adalah garam dapur, bawang putih, sodo aren (lidi dari enau) dan welirang.
Garam dapur ditaburkan ke arah si setan api. Jika dia berani mendekat, tentu akan terjadi letusan-letusan kecil akibat terbakarnya garam.

Sedangkan bawang putih dimemarkan sejenak, lalu kita oleskan ke ubun-ubun, telinga, dan kaki. Lidi aren sebelumnya direndam dulu di tempuran kali (tempat bertemunya aliran sungai dengan sungai lain) selama semalam dan dimantrai. Sementara untuk welirang dibakar di pedupaan sehingga aromanya menyebar ke sekitar dan membuat Banaspati pergi menjauh. Konon, Banaspati tidak menyukai aromanya.

2 comments:

  1. Hanya di ICG88.COM dimana kamu bisa mainkan berbagai permainan di HKB Gaming,IDNPLAY, dan Gudang Poker! tentunya dengan inovasi terbaik.gabung dan buktikan sendiri promo dan bonusnya :

    Bonus New Member 20%
    * Min Deposit IDR 50.000,-
    * Max Bonus IDR 300.000,-
    * TurnOver 4X TO Termasuk Modal Dan Bonus
    * Bonus Di Berikan Di Depan
    * Jika Tidak Mencapai Ketentuan Bonus Maka Bonus Akan Di Tarik Melalui Nominal Withdraw

    Bonus Deposit Kedua & Selanjutnya 5%
    * Min Deposit IDR 50.000,-
    * Max Bonus IDR 100.000,-
    * TurnOver 5X TO Termasuk Modal Dan Bonus
    * Bonus Diberikan Di Depan

    Tunggu apa lagi,gabung dan dapatkan bonus serta jackpotnya!

    ReplyDelete
  2. Omongan dukun sama sekali tak bisa dipercaya dan penuh dengan tipu daya, selama ini ia mengklaim dirinya orang pintar tapi nyatanya lebih dari tolol, karena selain ucapannya ga berdasar, semua ucapannya sama sekali ga ada yang terbukti dan selalu bertentangan dengan aqidah seorang muslim yang lurus, omongan dukun juga tak ada ubahnya seperti sihir, sihir sendiri hanya bisa dilihat tapi tak bisa dirasakan, mereka ga punya wujud nyata, begitu ingin disentuh, wujud itu menghilang, begitulah ilusi sihir, dan nyatanya masih banyak orang lemah yang percaya dengan dukun, di era modern seperti sekarang, ga ada sihir yang nyata dan semua hanyalah tipu daya setan

    ReplyDelete